Jumat, 20 Mei 2011

Perkembangan fasilitas TIK di UG selama 30 tahun

Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
Sejarah berdirinya Universitas Gunadarma:
• Pada tanggal 7 Agustus 1981, sekelompok ahli ilmu komputer di Indonesia mendirikan pusat pendidikan komputer yang berbentuk akademi dengan nama Akademi Sains dan Komputer.
• Pada tanggal 10 Agustus 1981, kuliah pertama Akademi Sains dan Komputer diikuti oleh 94 orang mahasiswa.
• Pada tanggal 10 Juli 1984, secara resmi wadah akademi ditingkatkan menjadi sekolah tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) yang memiliki 2 arti, yaitu nama arsitek ternama yang membangun Candi Borobudur dan mencerminkan bakti kepada masyarakat dalam wujud guna dan darma.
• Pada tanggal 9 Maret 1985, diadakan acara peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus baru Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma pada areal seluas satu hektar di kawasan Srengseng, Pondok Cina, Depok.
• Pada tanggal 5 Oktober 1985, status terdaftar diperoleh STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985 di mana STMIK Gunadarma mengasuh dua jenjang pendidikan, yaitu program pendidikan strata satu (S1) dan diploma (D3). Adapun jurusan yang dimiliki adalah Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer.
• Pada tanggal 5 Januari 1987, kampus baru STMIK Gunadarma yang terletak di Srengseng, Pondok Cina, Depok diresmikan penggunaannya.
• Pada tanggal 24 Januari 1987, dilaksanakan wisuda perdana STMIK Gunadarma yang diikuti oleh 10 orang sarjana komputer bertempat di Balai Sidang Senayan, Jakarta.
• Pada tanggal 16-23 Juni 1987, STMIK Gunadarma menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang mengikuti ujian negara dengan satuan kredit semester. Lulusnya seorang mahasiswa Gunadarma dalam ujian negara berarti ia akan memperoleh Ijazah Sarjana Komputer Negara yang nilainya sama dengan ijazah sarjana di perguruan tinggi negeri.
• Pada tanggal 26 September 1987, STMIK Gunadarma menerima bantuan resmi dari presiden berupa seperangkat komputer mini MICROVAX II.
• Pada tanggal 4 Januari 1988, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 006/0/1988, STMIK Gunadarma memperoleh status diakui, status tertinggi untuk sekolah tinggi komputer pada saat itu.
• Pada tanggal 20-30 Maret 1989, STMIK Gunadarma mengadakan Open House '89 dan seminar dengan tema "Pengembangan Aplikasi Komputer" yang dibuka oleh Direktur Perguruan Tinggi Swasta, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Yuhara Sukra.
• Pada tanggal 12 Agustus 1989, status disamakan diberikan kepada Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/0/1989.
• Pada tanggal 7 September 1989, status terdaftar diberikan kepada Jurusan Teknik Informatika STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0581/0/1989.
• Pada tanggal 19 Maret 1991, status diakui diberikan kepada Jurusan Teknik Informatika STMIK Gunadarma jenjang S1 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0354/0/1991.
• Pada tanggal 19 Maret 1992, status disamakan diberikan kepada Jurusan Teknik Informatika STMIK Gunadarma jenjang S1 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendididkan dan Kebudayaan No. 58/DIKTI/Kep/92.
• Pada tanggal 10 Mei 1993, STMIK Gunadarma terakreditasi berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 263/DIKTI/Kep/1993 untuk menyelenggarakan program pendidikan pascasarjana di bidang sistem informasi.
• Pada tanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 92/Kep/Dikti/1996 dengan menaungi enam fakultas.
Visi dan Misi Universitas Gunadarma :
Visi
Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional.\


Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai ujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).
4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.
5. Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi.
Fasilitas di Universitas Gunadarma dari tahun ke tahun semakin berkembang. Pada tahun 1982 Universitas Gunadarma telah melakukan pembelian komputer pertama untuk proses pendidikan di Gunadarma, jadi secara langsung pendidikan Gunadarma di tahun ini sudah menjalar ke bidang computer. Pada tahun 1988 Universitas Gunadarma menerima bantuan komputer dari presiden yang digunakan untuk kegiatan kursus pembekalan Pengembangan Local Area Network (LAN) pertama di Gunadarma. Pada tahun 1992 Universitas Gunadarma melakukan pengembangan Sistem Manajemen Akademik Online untuk pengisian KRS, basis data mahasiswa, pengolahan nilai dan KTM. Pada tahun 1994 Universitas Gunadarma melakukan pemasangan koneksi Internet dengan dial-up MODEM di lembaga pengembangan komputerisasi 5 1995 Pemasangan jaringan intranet pertama dengan 10-base-5 di Kampus Kelapa Dua 6 1996 Pemasangan koneksi internet dengan VSAT bekerja sama dengan PT Indosat dengan kapasitas sebesar 128 Kbps Peluncuran situs resmi Universitas Gunadarma dengan alamat http://www.gunadarma.ac.id. Pada tahun 1998 Universitas Gunadarma Melakukan penggantian media koneksi Internet dengan Leasedline PT Telkom dengan kapasitas sebesar 256 Kbps. Pada tahun 1999 Universitas Gunadarma melakukan upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 512 Kbps. Pada tahun 2000 Universitas Gunadarma melakukan upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 1 Mbps, dan meluncurkan staffsite di http://staffsite.gunadarma.ac.id untuk setiap dosen pengajar di Universitas Gunadarma. Perlu memanfaatkan digital locker untuk dosen- dikenal sebagai situs staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau masyarakat. User ID dan password dari staffsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policy. Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum kuliah diberikan. Pada tahun 2002 Universitas Gunadarma melakukan upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 2 Mbps. Pada tahun 2003 Peluncuran situs career center di http://career.gunadarma.ac.id Untuk pengelolaan data alumni dan pengembangan karir, Career Center Fitur layanan career center mencakup: (1) basis data electronik- Alumni bisa mengakses dan mengupdate biodata atau profilnya melalui internet; (2) Electronic job maching – Perusahaan bisa memiliki account dan mengisi profil usahanya serta mengirimkan lowongan kerja yang bisa diakses oleh alumni Universitas Gunadarma; (3) E-Magazine – Media pembelajaran dan sharing pengalaman antar alumni yang rubriknya meliputi tips and trick, technology update, cerita sukses alumni, konsultasi; serta (4) Electronic tracer study – Salah satu metode untuk mengetahui kompetensi alumni di dunia kerja sekaligus memperoleh umpan balik untuk perbaikan kurikulum. Berbentuk kuisoner elektronik yang diisi oleh alumni dan perusahan pengguna alumni Gunadarma. Peluncuran situs perpustakaan & digital library di http://library.gunadarma.ac.id Universitas Gunadarma menyediakan situs Perpustakaan selain ditujukan secara khusus untuk anggota perpustakaan Universitas Gunadarma, juga secara umum ditujukan untuk masyarakat pada umumnya. Layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuannya. Pada tahun 2007 Universitas Gunadarma menambahkan fasilitas WiFi menjadi 20 titik Penambahan kapasitas bandwidth dari 16 Mbps menjadi 26 Mbps Pemasangan Internet broadband di kampus Simatupang dengan bandwidth 2 Mbps.
Peluncuran Studentsite di http://studentsite.gunadarma.ac.id
Studentsite dengan kapasitas virtual locker setiap mahasiswa sebesar 100 Mb. Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma wajib menggunakan digital locker- yang disebut situs studentsite, untuk mengakses layanan informasi dan pembelajaran secara elektronik. User ID dan password dari studentsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policy. Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui (a) informasi jadwal kuliah dan ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (3) Daftar Nilai Sementara (DNS). Selain itu, USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center.
Peluncuran repository system di http://repository.gunadarma.ac.id
Repository system merupakan sistem penyimpanan produk teknologi, kegiatan ilmiah, dan hasil penelitian yang berbasis web. Sistem tersebut dikembangkan dengan pendanaan dari Program Hibah Kompetisi (PHK) TIK K1 pada tahun 2007. Sistem tersebut selanjutnya dikembangkan dan dikelola oleh Research Information Center, yang berada di bawah BAPSI dengan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian Universitas.
Peluncuran e-learning system di http://elearning.gunadarma.ac.id
E-learning (electronic learning) adalah fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami suatu materi ajar. E-learning menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas (dilengkapi dengan contoh visual yang lebih komunikatif). Pemanfaatan e-learning akan memberikan manfaat pada peningkatan daya kognitif mahasiswa dalam memahami konsep materi ajar. Semakin banyak fasilitas e-learning yang disediakan maka semakin besar kemungkinan mahasiswa dapat memahami konsep materi ajar yang lebih cepat dan efektif. Materi e-learning terdiri dari CD Interaktif, maupun virtual class (yaitu pembelajaran secara online melalui Internet) serta electronic journal. Penerapan E-learning dalam proses belajar-mengajar di Universitas Gunadarma merupakan salah satu tugas dari E-Learning Center, yang mulai aktif sebagai unit baru mulai 25 Maret 2007, pada akhirnya pada tanggal 28 Oktober 2010 , Universitas Gunadarma memperoleh penghargaan sebagai juara ke 3 e-Learning 2010 untuk kategori Perguruan Tinggi pada kegiatan Festival e-Pendidikan 2010 yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan Nasional (PUSTEKOM-DEPDIKNAS).
Fasilitas I-Lounge
Penyediaan fasilitas Internet Lounge di 3 lokasi kampus, Bagi mahasiswa yang tidak memiliki / membawa notebook, Universitas Gunadarma menyediakan satu ruangan khusus yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara gratis untuk dapat mengakses internet yang dikenal dengan sebutan Internet Lounge. Pada tahun 2009 sampai 2011 sekarang Universitas Gunadarma mempunyai: 1. Fasilitas UG HotZone Diluar pengajaran formal (di dalam ruang kuliah & laboratorium) dikembangkan pula lingkungan yang kondusif untuk mengairahkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen. Di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone. UG Hotzone yang terdapat di 70 titik yang tersebar di berbagai lokasi kampus yang diperuntukkan bagi seluruh sivitas akademika. Hal ini memudahkan setiap sivitas akademika Universitas Gunadarma mengakses internet di seluruh lokasi kampus dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki notebook, handphone, PDA yang sudah fasilitas WiFi. Terutama untuk setiap mahasiswa Universitas Gunadarma, mulai dari awal masuk sebagai mahasiswa baru telah diberikan fasilitas untuk aktifasi studentsite yang dapat dimanfaatkan untuk menggunakan hotzone di lingkungan Universitas Gunadarma. 2. Fasilitas Integrated Laboratory : Integrates Lab / Remote Lab yang dikenal dengan I-LAB adalah laboratorium komputer dengan konsep baru yang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma. Konsep ini mengacu pada kemandirian Praktikan, sehingga diharapkan setiap Praktikan memiliki tanggung jawab pada diri sendiri serta lebih dewasa dalam bersikap dan berperilaku dalam praktikum. Praktikan tidak selalu didampingi Asisten Laboratorium, dan untuk praktikum berikutnya dapat memilih jadwal yang kosong, merupakan contoh kemandirian yang harus dijalani Praktikan di I-Lab. Namun demikian, ada konsekuensi yang harus dijalani Praktikan agar kelak dapat dinyatakan lulus dalam mengikuti kegiatan praktikumnya.
Demikianlah artikel saya mengenai Perkembangan Fasilitas TIK di Universitas Gunadarma selama 30 tahun yang saya tahu. Semoga fasilitas TIK di Universitas Gunadarma semakin hari semakin bagus dan berkualitas bagi kita semua. Selamat Ulang Tahun Universitas Gunadarma yang ke 30 tahun semakin sukses. Saya bangga kuliah di Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar